Workshop Kewirausahaan Membuat Kue Tradisional dan Membuat Boneka

Kue tradisional yang satu ini juga tak kalah menarik jika dijadikan bisnis jajanan. Bagaimana tidak, hampir semua orang menyukainya. Dengan rasa yang manis legit dan kenyal banyak orang yang menggemarinya. Yah itu dia jajanan klepon. Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dengan isi gula kelapa (gula Jawa) kemudian direbus dalam air mendidih lalu disajikan dengan parutan kelapa.

Selama ini kita hanya menjumpainya dipasar-pasar tradisional dengan kemasan yang cukup sederhana dan tidak memiliki jaminan mutu. Anda bisa mengemasnya dengan kemasan yang lebih menarik, misalnya dengan kotak kardus dan dialasi dengan daun atau kertas lilin terlebih dahulu. Kemasan kardus disertai dengan memberikan pelabelan dan jaminan mutu produk anda (kehalalan produk dan standar mutu) dengan mendaftarkan pada dinas jaminan mutu yang berwenang.

Dengan memberikan kejelasan jaminan mutu, konsumen akan semakin percaya dengan mutu produk anda termasuk kehalalannya. Karena saat ini konsumen sudah mulai banyak sadar akan makanan yang dikonsumsinya, maka dari itu dengan adanya jaminan mutu konsumen akan lebih memilih produk anda.

Nah, Sekarang anda tak ragukan jika akan memulai bisnis pembuatan klepon ini, karena klepon yang anda buat akan memiliki nilai tambah dibandingkan dengan produk lainnya. Dengan pembuatan klepon yang tidak repot, mudah, serta menggunakan bahan-bahan yang cukup terjangkau akan memberikan keuntungan bagi anda yang ingin berbisnis jajanan ini.

Bahan dasar pembuatan kelepon adalah dari tepung ketan putih, dengan rasa manis dari gula aren di balut dengan parutan kelapa, dan warna hijau didapat dari warna alami daun pandan suji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *