Gerai Kewirausahaan UMB Sukses dalam Pameran Nasional Koperasi dan UKM

Gerai kewirausahaan mahasiswa Universitas Mercu Buana (UMB) mendadak jadi buah bibir pengujungp ameran Koperasi dan UKM. Stand pameran produk karya mahasiswa itu memang terlihat unik. Karena produk yang dipamerkan menarik dan memberikan harga yang sangat ramah bagi konsumen.

Salah seorang pengunjung Syukron Ilham mengatakan, gerai kewirausahaan mahasiswa UMB ini memamerkan sejumlah produk, yakni kemeja, kaos, kuliner, dan sabun pembersih sepatu. Bahkan untuk pesta kuliner dalam ajang tersebut mahasiswa Mercu Buana menyajikan panganan barbarian steak, spageti the giant, dimsum, garang asam, dan untuk minuman ada ice landmint dan dolce latte.

“Kebetulan produknya ada yang saya butuhkan. Jadi sekalian beli dan ternyatanya harganya juga lebih hemat,” kata Syukron, saat mampir di gerai kewirausahaan mahasiswa UMB di Pameran Nasional KUMKM, Jakarta, Jumat (21/7).

Kepala Pusat Kewirausahaan UMB, Wahyu HariHadji menegaskan pameran produk mahasiswa dalam ajang nasional seperti ini sangat baik dilangsungkan. Karena mampu menumbuhkan semangat kompetisi berwirausaha, sekaligus memperluas jaringan usaha.

“Pameran bukan hanya memperkenalkan produk unggulan, tapi juga mengukur produk unggalan kita dengan produk lain. Sambil mengembangkan jaringan bisnis. Itu yang penting,” pungkas Wahyu usai mengujungi lokasi pameran.

Berdasarkan data, lanjut dia, jumlah mahasiswa UMB yang mulai mengembangkan usaha sendiri kian bertambah. Saat ini saja jumlah kelompok wirausahawan mahasiswa sudah puluhan. Mereka membuat berbagai produk-produk kebutuhan pasar.

Dari jumlah kelompok itu, sambung dia banyak yang sukses dan berkembang maju setelah selesai kuliah. Ada pula sebagian yang masih butuh pendampingan usaha. Secara umum menujukan minat berwirausaha terus meningkat.

Pameran KUMKM ini mengusungtema “Satu Dasawarsa Dedikasi SMESCO Untuk KUMKM Indonesia”. Kegiatan tersebut menggandeng ratusan pengelola usaha serta pelaku ekonomi kreatif. Terdapat pula instansi pemerintah pusat, daerah, provinsi, kabupaten kota, BUMN/BUMD swasta dan kewirausahaan serta para start up.

Menariknya selain pameran terdapat pula kegiatan lain, seperti Seminar Nasional, Pesta Kuliner Nasional dan SMESCO Fashion Week 2017. (lin)

sumber :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *